close

Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 1 Juta Per Bulan

cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulan

Cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulann untuk rumah tangga atau untuk kamu yang masih mandiri. Bagi kebutuhan rumah tangga memang terbilang sangat sulit untuk mengaturnya jika gaji kamu kecil sekitar 1 juta perbulan.

Meskipun begitu kamu tetap harus mengatur pengeluaran keuangan dan kebutuhan meskipun dengan gaji 1 juta perbulan. Ini harus ada kesepakatan juga antara suami dan istri untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari hari meskipun dengan penghasilan yang minim.

Berikut ini tipskerja akan membahas mengenai cara mengatur uang belanja 1 juta per bulan baik untuk rumah tangga dan juga buat kamu yang masih mandiri hidup sendiri. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 1 Juta Per Bulan

Kamu harus memiliki catatan khusus untuk mengatur keuangan ini. Dan yang terpenting adalah harus disiplin. Jangan sampai kamu tergiur untuk membeli hal hal yang bukan menjadi prioritas dan kebutuhanmu.

Berikut ini beberapa tips mengenai cara menabung gaji 1 juta perbulan yang bisa kamu gunakan.

1. Tentukan Prioritas Pengeluaranmu Dan Catat!

Kamu harus bisa dan tahu apa prioritas kamu  terlebih dahulu. Usahakan untuk mengeluarkan hal hal dengan kebutuhan pokok dan harus dikeluarkan. Coba catat apa saja yang menjadi kebutuhan utamamu.

Misal kebutuhan tempat tinggal, uang makan dan transportasi. Jika ada sisa kamu bisa tabung saja. Mulai dari tempat tinggal, makan dan kebutuhan lainnya. Dan ketika sudah dicatat semua, kamu harus disiplin tidak menggunakan uang tersebut diluar dari kebutuhannya. Utamakan untuk pengeluaran yang penting.

Kamu bisa mencatatnya di buku tersendiri atau melalui aplikasi gratis yang ada di handphone. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu untuk pencatatan dan pengaturan keuangan.

Setiap pendapatan dan pengeluaran dalam 1 bulan harus kamu catat sedetail mungkin. Sehingga kamu bisa melakukan evaluasi di bulan berikutnya apa saja yang sebenarnya penting dan yang tidak penting untuk dibeli dibulan depan.

2. Membeli Kebutuhan Pokok

Kamu tidak bisa belanja banyak hal dengan gaji tersebut. Karena ada keperluan lainnya yang memang sangat mepet. Jadi belilah keperluan untuk kebutuhan pokok saja terlebih dahulu.

3. Prioritaskan Hidup Daripada Gaya Hidup

Kamu harus hidup pas pasan atau hemat untuk bisa tetap bertahan selama 1 bulan penuh. Tidak ada kesempatan untuk memenuhi gengsi atau gaya hidup dengan uang penghasilan 1 juta perbulan.

4. Hindari Hutang

Jangan sampai ada pikiran untuk berhutang. Baik itu dengan keluarga, teman atau melalui aplikasi pinjaman online. Bahkan untuk berbelanja menggunakan paylatter juga harus kamu buang jauh jauh. Hutang akan memperkeruh keuangan kamu kedepannya.

Jika kamu bisa disiplin, maka kamu tidak perlu untuk berhutang dan pengeluaran akan tetap seperti yang sudah direncakanan diawal.

5. Cari Usaha Atau Kerjaan Sampingan Lain

Jika 1 juta tersebut adalah hasil dari pekerjaan utama kamu. Maka kamu wajib menambahkan kerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Memang gampang secara teori dan berat jika dipraktekkan. Namun memang harus seperti ini.

Misalkan jika kamu bekerja di pekerjaan utama selama 8 jam dari jam 8 sampai jam 4 sore. Maka kamu bisa mencari tambahan pekerjaan lainnya mulai dari jam 5 sore sampai malam hari.

Simulasi Cara Mengatur Keuangan 1 Juta Per Bulan

Menurut kami, dengan gaji 1 juta perbulan kamu belum bisa hidup mandiri untuk biaya kos atau mengontrak. Lebih amannya adalah kamu tetap ikut di rumah orang tua saja. Namun jika tidak memungkinkan ada baiknya kamu ikut share kos kosan yang bisa diisi 1 kamar untuk berdua dengan teman. Jadi bisa lebih heman.

Gunakan Konsep 70-15-10-5 Untuk Gaji 1 Juta Perbulan

Maksudnya adalah :

  • 70% untuk kebutuhan utama yaitu : Rp 700.000 (Kos, Makan, Transport, Pengeluaran lain)
  • 15% untuk ditabung yaitu : Rp 150.000 (Tabungan yang tidak boleh digunakan, dan hanya digunakan ketika keadaan darurat saja)
  • 10% untuk investasi yaitu : Rp 100.000 (Untuk belajar bisnis, investasi ke saham, ikut seminar online, atau yang lainnya untuk kebutuhan perkembangan kamu sendiri)
  • 5% untuk hiburan yaitu : Rp 50.000 (Bisa untuk liburan ke cafe, nonton bioskop, nongkrong dengan teman atau tempat yang ingin kamu kunjungi dengan budget 50rb saja)

Meskipun tidak harus patokannya 70-15-10-5 kamu bisa membuat sendiri patokan yang kamu rasa pas dengan pengeluaran kamu. Misal 80 -10-5-5 yang mana 80 untuk kebutuhan pokok, 10 untuk tabungan, 5 investasi dan 5 untuk hiburan.

Kamu juga bisa hilangkan investasi sampai kamu ada kerjaan sampingan. Namun saran kami tetap ada uang untuk ditabung untuk keperluan tidak terduga seperti sakit, ban motor pecah atau service motor.

Untuk kebutuhan pokok 70% diatas harus benar benar disiplin sudah kamu perhitungkan diawal gaji bulanan. Sisihkan sesuai dengan kebutuhan diatas. Baiknya lagi kamu juga memiliki dompet tersendiri. Jadi hanya gunakan dompet tersebut sesuai dengan alokasi yang sudah dibuat diawal.

Misal 70% untuk kehidupan pribadi tanpa keluarga istri diatas bisa kamu alokasikan seperti berikut :

  • Uang kos kosan cari yang harganya 200 ribu sampai dengan 300 ribu. Atau kamu bisa mencari teman yang bisa dibagi harga sewa kosnya.
  • Masih banyak kos kosan yang menerima 1 kamar diisi dengan 2 orang.
  • Masih ada sisa 400rb sampai 500rb ini kamu gunakan untuk kebutuhan makan dan transport. Transport 50rb dan makan 450 ribu.
  • Disini kamu hanya memiliki 1 opsi untuk masak saja daripada membeli makan.

Cara Mengatur Uang Belanja 1 Juta Per Bulan

Untuk kebutuhan belanja saja sebenarnya ini sudah cukup untuk suami dan istri saja. Kebutuhan uang belanja disini maksudnya untuk makan, transport, dan kebutuhan lain seperti pulsa dan lainnya.

Simulasinya seperti berikut :

  • 700 ribu untuk kebutuhan pokok (belanja bahan makan untuk sebulan penuh)
  • 100 ribu untuk kebutuhan transportasi (bensin motor)
  • 100 ribu untuk kebutuhan pulsa suami dan istri.
  • 100 ribu untuk kebutuhan tak terduga di bulan tersebut. Jika tidak ada keperluan lainnya bisa kamu masukkan kedalam uang hiburan atau masuk kedalam tabungan.

Disimulasi diatas kami anggap kamu sudah berpenghasilan lebih dari 1 juta. Sehingga 1 juta perbulan ini sudah tidak ada untuk uang tabungan, investasi dan juga untuk hiburan. Full hanya untuk kebutuhan pokok saja.

Baca Juga >>> Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu Untuk Pemula <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulan dan untuk uang belanja selama 1 bulan penuh. Yang paling penting adalah kamu bisa disiplin dalam menerapkan aturan yang kamu sepakati diawal bulan gajian.

Dan jangan sampai kamu tergiur untuk melakukan pinjaman apapun diluar dari kebutuhan pokok. Karena hutang akan merusak semua pengaturan keuangan yang telah kamu buat. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran secara detail, maka kamu bisa memanfaatkan uang meskipun hanya gaji 1 juta perbulan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta dengan konsep yang kami berikan diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencobanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.