close

Cara Mengecek No Referensi BRI

cara mengecek no referensi bri

Cara mengecek no referensi BRI dengan mudah untuk melakukan transaksi. Jika kamu sering melakukan transaksi pengiriman atau transfer antar bank, maka kamu wajib mencantumkan nomor referensi dari bank penerima.

Dan setiap bank memiliki nomor referensinya masing masing dengan kode yang berbeda beda. Biasanya ada 3 kode digit dari setiap nomor referensi bank yang unik dan hanya dimiliki oleh bank itu sendiri.

Nah, berikut ini tipskerja akan membahas lengkap mengenai cara melihat no referensi bri dengan mudah dan cepat. Dan untuk informasi ketika kamu lupa nomor referensi bri saat melakukan transaksi transfer.

Cara Mengecek No Referensi Bri

Sebelumnya kamu harus paham terlebih dahulu untuk apa itu nomor referensi ? No referensi bank adalah kode unik yang merupakan identitas dari bank tersebut yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Nah, ada 2 perbedaan dalam melihat nomor referensi bank ini. Yaitu nomor referensi bank yang merupakah kode unik, dan juga nomor referensi nasabah yang bisa diisi sesuai dengan keinginan kita. Nomor referensi nasabah ini juga biasanya disebut sebagai berita acara jika melakukan transfer melalui mobile banking.

Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Cara Cek Nomor Referensi Bri

Untuk kode nomor referensi bank BRI adalah 002. Nah ketika kamu lupa maka kamu bisa cek melalui opsi berikut ini:

Cek nomor referensi bank bri melalui ATM :

  • Ketika kamu ingin transfer ke antar bank, dan lupa untuk nomor referensi bank maka kamu bisa cek langsung ke atm.
  • Datang ke atm mana saja.
  • Kemudian masukkan kartu, dan pin password.
  • Pilih menu transaksi, kemudian menu antar bank.
  • Lalu pilih menu “Kode transaksi bank lain”
  • Cari kode bank BRI atau kode bank lainnya sebagai pengerima transfer kamu.

Berbeda halnya jika kamu melakukan transfer melalui mobile banking. Kamu tidak perlu lagi untuk input kode / nomor referensi bank lagi karena sudah otomatis ketika mengetikkan nama bank tujuan.

2. Cara Mengetahui No Referensi Nasabah Bri

Selanjutnya adalah no referensi nasabah bank BRI. Pastinya kamu bingung ketika akan melakukan transfer antar bank menggunakan ATM bukan ?

Pasalnya ketika melakukan transfer antar bank, kamu akan diminta untuk memberikan nomo referensi nasabah BRI. Dan pasti kamu bingung ingin mengisi apa.

Sebenarnya nomor referensi nasabah ini adalah bersifat bebas, dan akan masuk ke berita acara pada penerima transferan bank tersebut.

Jadi ini adalah kesepakatan bersama antara orang yang melakukan transfer dan yang penerima tranasfer ingin menggunakan kode apa. Hal ini berguna untuk mengetahui transferan mana yang masuk hanya dengan menggunakan kode saja.

Contoh nomor referensi transaksi bank bri Misalnya, penjual dan pembeli ingin melakukan transaksi. Si penjual mengajukan untuk menggunakan nomor referensi dengan kode 123 kepada pembeli. Nah si pembeli bisa memberikan kode referensi bank 123 pada saat transfer.

Pada mobile banking kamu bisa memberikan kode referensi pada kolom berita acara. Bagaimana? sudah paham sampai sini?

Jadi pertanyaan seputar nomor referensi bri diisi apa ? sudah tidak perlu kamu tanyakan lagi bukan? karena kolom ini bisa kamu isikan dengan nomor apa saja.

3. Cara Melihat Nomor Referensi Transaksi Bri

Nah selanjutnya jika kamu sebagai penerima transaksi, bagaimana melihat nomor referensi transaksi untuk bank BRI? kamu bisa melihatnya melalui mutasi rekening bank BRI. Dan bisa kamu lihat melalui menu ATM, melalui rekening korang yang dicetak oleh bank dan juga melalui mobile banking.

Untuk melihat melalui atm bisa kamu lihat pada menu mutasi rekening. Disini akan terlihat informasi mengenai rekening transaksi, kode transaksi dan besarannya. Namun disini kamu hanya bisa melihat untuk 3 transaksi terbaru saja. Jadi tidak bisa seluruhnya.

Jika kamu menggunakan mobile banking, maka bisa memilih untuk melihat transaksi riwayat dari kapan sampai kapan. Disini kamu juga akan tahu kode referensi dari pengirim transfer.

Atau kamu bisa datang langsung ke kantor cabang untuk melakukan print cetak pada buku tabungan siapa saja transaksi yang keluar dan masuk. Kamu bisa tahu nomor referensinya disini juga.

Baca Juga >>> 3 Cara Cek Nomor Hp Yang Terdaftar Di Bank Bri <<<

Penutup

Itu tadi beberapa informasi mengenai cara mengecek no referensi bri untuk melakukan transaksi dan transfer antar bank ketika kamu lupa berapa no referensi bri. Nah kamu sekarang sudah tahu bukan apa bedanya no referensi bank dan juga nasabah? jadi kamu sudah tidak bingung lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara melihat nomor referensi transaksi bri dan informasi lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencobanya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *