close

Cara Menjawab Undangan Interview Via WA

Cara Menjawab Undangan Interview Via WA

Cara menjawab undangan interview via WA agar terlihat lebih sopan dan jelas. Kalau kamu dalam proses rekrutment karyawan disuatu perusahaan. Maka akan sering kali untuk mendapatkan undangan tes interview atau prosesnya.

Dan yang paling sering adalah menggunakan whatsapp dan email juga. Nah, apakah perlu konfirmasi untuk mengikuti undangannya? Jawabannya sangat perlu sekali. Ini sebagai konfirmasi bagi HR mengenai berapa peserta yang akan hadir dalam prosesnya.

Nah, Berikut ini tipskerja akan membahas mengenai menjawab undangan wawancara melalui whatsapp. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menjawab Undangan Interview Via WA

Percayalah, menerima undangan interview via WhatsApp atau media sosial lainnya merupakan suatu kehormatan. Ini menunjukkan bahwa perusahaan atau instansi yang mengundang kamu mempercayai potensimu dan ingin segera mengetahui lebih banyak tentangmu.

Namun, jawab undangan interview via WhatsApp juga harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak terlihat kurang profesional.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk menjawab undangan interview via WhatsApp:

  • Baca dengan seksama pesan yang dikirimkan. Pastikan kamu memahami dengan baik tanggal, waktu, dan tempat interview yang dijadwalkan.
  • Balas pesan tersebut dengan mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan. Misalnya: “Terima kasih atas undangan interview yang diberikan. Saya senang sekali untuk hadir pada tanggal [tanggal interview] pukul [waktu interview] di [tempat interview].”
  • Konfirmasi kehadiranmu dengan mengirimkan pesan yang jelas dan singkat. Misalnya: “Saya akan hadir pada tanggal [tanggal interview] pukul [waktu interview] di [tempat interview].”
  • Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang ingin diklarifikasi sebelum interview, sebaiknya kamu bertanya dengan sopan. Misalnya: “Apakah ada dress code yang harus saya pertimbangkan saat hadir pada interview nanti?” atau “Apakah ada persyaratan dokumen yang harus saya bawa saat interview nanti?”
  • Jika ternyata kamu tidak bisa hadir pada tanggal yang telah ditentukan, sebaiknya kamu memberitahu pihak perusahaan atau instansi tersebut dengan cepat dan sopan. Misalnya: “Maaf, saya tidak bisa hadir pada tanggal [tanggal interview] karena [alasan yang masuk akal]. Apakah ada tanggal lain yang bisa kami pertimbangkan?”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan terlihat profesional dan siap menghadapi interview dengan percaya diri.

Namun kamu harus amati lagi mengenai format konfirmasinya. Karena ada beberapa perusahaan yang menggunakan format konfirmasi kehadirannya. Seperti [Nama] Konfirmasi Kehadiran Interview.Jadi kamu harus teliti dengan pesan wa yang dikirimkan.

Contoh Lainnya Dalam Menjawab Undangan Interview Via WA

Sebenarnya menjawab undangan interview melalui pesan whatsapp ini tidak perlu panjang lebar dan terlalu formal. Bahkan saat ini biasanya HR sudah memberikan format kehadirannya. Misal : Ronaldo Hadir.

Namun jika kamu tidak mendapatkan format konfirmasinya, bisa menggunakan contoh dibawah ini :

  • Terimakasih atas undangannya, saya berkenan hadir dalam interview di [lokasi] [tanggal] dan [jam] tersebut.
  • Selamat siang, Saya [nama lengkap] berkenan hadir untuk proses rekrutment interview user sesuai jadwal yang diberikan. Terima kasih.
  • Konfirmasi kehadiran, [nama lengkap] hadir sesuai dengan jadwal yang diberikan. Terima kasih.

Usahakan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan tidak menggunakan kata singkatan atau bahasa gaul yang hanya beberapa orang mengerti.

Cara Menanyakan Jadwal Interview Lewat Whatsapp

Untuk menanyakan jadwal interview melalui WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan teks kepada orang yang mengatur interview tersebut dengan menyertakan pertanyaan tentang jadwal interview.

Misalnya: “Selamat siang, apakah sudah ada jadwal interview untuk proses rekrutment MT di PT …….. ? Terima kasih.”

Namun menurut kami kamu tidak perlu untuk konfirmasi menanyakan jadwal interview. Karena HR tidak akan terlewat jika kamu benar benar lolos di tes tersebut. Jadi ada baiknya untuk menunggu maksimal 2 minggu setelah tes untuk menanyakan jadwal selanjutnya.

Baca Juga >>> 7 Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips mengenai cara menjawab undangan interview via WA dengan sopan dan profesional. Selalu perhatikan mengenai format konfirmasi kehadiran yang dikirimkan kekamu. Dan yang paling penting adalah selalu membalas pesannya di jam kerja saja antara jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Terima kasih sudah membaca artikel kami diatas mengenai menjawab undangan wawancara. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencobanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *