close

Cara Menolak Panggilan Interview Kerja Sopan

Cara Menolak Panggilan Interview Kerja

Cara menolak panggilan interview kerja melalui email, wa lengkap dengan contoh alasannya yang sopan namun tetap profesional. Jika kamu sedang mengikuti proses rekrutment di perusahaan namun ingin menolak panggilannya, ada baiknya untuk menggunakan pilihan kalimat yang sopan dan profesional.

Karena jika kamu tolak dengan cara yang sama atau kamu diamkan saja, bisa bisa nomor atau alamat email kamu akan di blacklist dan dikemudian hari kamu sudah tidak bisa mengikuti rekrutment di perusahaan tersebut.

Nah, berikut ini tipskerja akan membahas mengenai contoh kata kata menolak panggilan interview dengan sopan dan baik. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menolak Panggilan Interview Kerja

Menolak panggilan wawancara kerja dapat menjadi situasi yang sulit, terutama jika Anda tertarik pada posisi tersebut. Namun, ada beberapa cara untuk menolak panggilan wawancara dengan profesional dan sopan.

  • Pertama, pastikan untuk mengucapkan terima kasih atas panggilan wawancara yang diterima. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok.
  • Kedua, jelaskan dengan jelas alasan mengapa Anda tidak dapat menghadiri wawancara. Ini dapat disebabkan oleh konflik jadwal atau alasan lainnya yang tidak dapat dihindari. Anda juga dapat menyatakan bahwa Anda masih tertarik dengan posisi tersebut dan ingin dipertimbangkan untuk posisi yang sama di masa depan.
  • Ketiga, pastikan untuk menyampaikan penolakan Anda dengan cepat. Ini memungkinkan perusahaan untuk mencari kandidat lain yang cocok.
  • Akhirnya, pastikan untuk menyampaikan penolakan Anda dengan cara yang sopan dan profesional. Ini akan membuat perusahaan melihat Anda sebagai kandidat yang baik untuk posisi di masa depan.

Dalam kesimpulan, menolak panggilan wawancara kerja dapat menjadi situasi yang sulit. Namun, dengan mengucapkan terima kasih, menjelaskan alasan Anda, menyampaikan penolakan Anda dengan cepat, dan menyampaikan penolakan Anda dengan cara yang sopan dan profesional, Anda dapat menolak panggilan wawancara dengan cara yang baik.

Contoh:

Dear [Nama Pemberi Panggilan],

Terima kasih atas panggilan wawancara kerja yang Anda berikan untuk posisi [Nama Posisi] di perusahaan [Nama Perusahaan]. Saya sangat tertarik dengan peluang yang ditawarkan oleh posisi tersebut.

Sayangnya, saya tidak dapat menghadiri wawancara pada tanggal [Tanggal Wawancara] karena saya sedang dalam liburan yang sudah direncanakan sebelumnya. Saya sangat menyesal karena tidak dapat mengambil bagian dalam proses rekrutmen ini.

Saya ingin menyatakan bahwa saya masih sangat tertarik dengan posisi tersebut dan berharap dapat dipertimbangkan untuk posisi yang sama di masa depan. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif untuk perusahaan Anda.

Sekali lagi, terima kasih atas panggilan wawancara Anda. Saya berharap dapat berkomunikasi lagi di masa depan.

 

Salam,

[Nama Anda]

 

Dalam contoh di atas, kandidat mengucapkan terima kasih atas panggilan wawancara, menjelaskan alasan tidak dapat menghadiri wawancara, menyatakan masih tertarik dengan posisi tersebut, dan menyampaikan penolakan dengan cara yang sopan dan profesional.

Cara Menolak Interview Lewat Wa

Contoh:

Maaf, saya tidak bisa menghadiri wawancara pada [Tanggal Wawancara]. Saya sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. Terima kasih atas panggilan ini dan maaf atas ketidaknyamanan.

 

Terima kasih atas konfirmasi dan kesempatannya kepada saya. Namun saya memohon maaf tidak bisa mengikuti proses rekrutment dari [Nama Perusahaan] dikarenakan adanya jadwal lain yang tidak bisa saya undur.

 

Terima kasih atas panggilan interview ini. Namun mohon maaf saat ini saya sudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan lain.

 

Terima kasih sudah menghubungi saya. Namun mohon maaf apakah untuk jadwalnya bisa dirubah ? Karena untuk di jadwal tersebut saya sedang berada di luar kota dan tidak bisa diundur kembali. Jika berkenan saya bisa mengikuti interview kali ini untuk jadwal yang berbeda. Terima kasih.

 

Cara Menolak Panggilan Interview Karena Sudah Bekerja

Contoh:

Dear [Nama Pemberi Panggilan],

Terima kasih atas panggilan wawancara kerja yang Anda berikan untuk posisi [Nama Posisi] di perusahaan [Nama Perusahaan]. Saya sangat tertarik dengan peluang yang ditawarkan oleh posisi tersebut.

Namun, saya harus menolak panggilan wawancara ini karena saat ini saya sudah bekerja di perusahaan [Nama Perusahaan] dan tidak dapat meninggalkan pekerjaan saya saat ini.

Sekali lagi, terima kasih atas panggilan wawancara Anda dan maaf atas ketidaknyamanan. Saya berharap dapat dipertimbangkan untuk posisi yang sama di masa depan jika saya sudah tidak bekerja lagi.

Salam,

[Nama Anda]

 

Pada contoh di atas, kandidat mengucapkan terima kasih atas panggilan wawancara, menjelaskan bahwa dia sudah bekerja saat ini dan tidak dapat meninggalkan pekerjaannya, dan menyatakan bahwa dia akan dipertimbangkan lagi di masa depan jika sudah tidak bekerja lagi.

Cara Menolak Panggilan Interview Bahasa Inggris

Contoh:

Dear [Interviewer’s Name],

Thank you for considering me for the [Position Name] role at [Company Name]. I appreciate the opportunity to interview for this position.

Unfortunately, I won’t be able to make it to the scheduled interview on [Interview Date]. I apologize for any inconvenience this may cause and I appreciate your understanding.

Once again, thank you for your time and consideration. I hope to have the opportunity to be considered for similar roles in the future.

Best regards,

[Your Name]

 

Contoh Alasan Menolak Interview

  • Konflik jadwal yang tidak dapat dihindari
  • Kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan
  • Sudah menerima tawaran kerja yang lebih baik
  • Sedang dalam proses mengejar kesempatan lain
  • Tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan
  • Perjalanan yang tidak dapat dihindari
  • Kebutuhan mengurus urusan pribadi yang mendesak
  • Prioritas yang berbeda dalam mencari pekerjaan

Note: Pada contoh-contoh diatas, sangat penting bagi kandidat untuk tetap menyampaikan penolakan dengan sopan dan profesional.

Penutup

Itu tadi beberapa tips dan cara menolak panggilan interview kerja beserta contohnya yang bisa kamu gunakan. Yang terpenting adalah kamu jujur dengan kondisimu saat ini dan berikan alasan yang logis namun tetap sopan dan profesional.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *