close

Contoh Jawaban Pencapaian Terbesar Dalam Hidup Untuk Fresh Graduate

Contoh Jawaban Pencapaian Terbesar Dalam Hidup

Contoh jawaban pencapaian terbesar dalam hidup untuk fresh graduate atau yang sudah memiliki pengalaman kerja juga. Saat proses rekrutment karyawan terkadang pertanyaan ini sering ditanyakan juga.

Dan tak jarang juga yang kebingungan untuk menjawabnya karena tidak tahu prestasi apa yang dimaksud disini atau takut salah dalam menjawab. Nah, berikut ini tipskerja akan membahas mengenai pencapaian terbesar di pekerjaan.

Contoh Jawaban Pencapaian Terbesar Dalam Hidup

Pencapaian terbesar dalam hidup saat interview kerja dapat beragam bentuknya, mulai dari prestasi akademis, keberhasilan dalam proyek kerja, hingga perkembangan pribadi yang signifikan.

Namun, dalam menjawab pertanyaan ini, penting untuk menyajikan jawaban yang relevan dengan posisi yang dilamar dan menunjukkan bagaimana pencapaian tersebut dapat diterapkan dalam pekerjaan yang akan datang.

Tips Dalam Menjawab Mengenai Prestasi Dalam Hidup :

  • Pastikan untuk jujur, karena nantinya akan ditanyakan serta kamu harus bisa menjelaskannya. Kalau kamu mengarang, justru akan terlihat setelah ditanya oleh HR atau interviewer.
  • Ceritakan sesuai dengan yang ada di CV kamu. Misal di cv kamu menyertakan keikutsertaan dalam organisasi kemahasiswaan, maka kamu bisa cerita mengenai pengalaman kamu.
  • Ceritakan mengenai kemampuan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Misal jika kamu melamar di posisi “Desain Grafis” ceritakan mengenai kamu yang pernah mengikuti kontes desain dan memenangkannya.
  • Kalau kamu sudah memiliki pengalaman kerja, ada baiknya kamu bercerita mengenai pekerjaan kamu sebelumnya juga.

Contoh Jawaban Untuk Yang Memiliki Pengalaman Kerja:

“Salah satu pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah saat saya berhasil menyelesaikan proyek besar di perusahaan sebelumnya. Proyek tersebut melibatkan tim yang terdiri dari berbagai departemen dan saya bertanggung jawab sebagai ketua tim. Saya berhasil mengkoordinasikan tim dan mencapai tujuan proyek tepat waktu dan di bawah anggaran. Ini menunjukkan kemampuan saya dalam manajemen proyek dan kemampuan untuk bekerja dengan tim yang beragam, yang akan sangat berguna dalam posisi yang dilamar ini.”

Contoh lainnya :

“Untuk dibidang marketing di perusahaan saya sebelumnya, saya berhasil menyelesaikan target yang diberikan oleh perusahaan kepada saya. Saat itu perusahaan hanya mengandalkan marketing biasa. Namun saya membuat strategi baru dengan mengandalkan Facebook ads dan juga Google Ads. Dan hasilnya bisa diterima serta target bisa terpenuhi. Dan sampai saat ini perusahaan saya sebelumnya menerapkan terus untuk strategi marketing yang saya terapkan.”

Contoh Jika Kamu Masih Fresh Graduate Atau Tidak Memiliki Pengalaman Kerja :

“Salah satu pencapaian terbesar saya dalam hidup adalah saat saya berhasil menyelesaikan pendidikan S1 dengan predikat cum laude. Ini menunjukkan dedikasi dan komitmen saya dalam belajar, yang akan sangat berguna dalam posisi yang dilamar ini. Selain itu, pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan selama pendidikan akan sangat berguna dalam bekerja dan menyelesaikan tugas yang diberikan.”

Contoh lainnya :

“Pencapaian saya adalah ketika saya dipercaya untuk menjadi kepala departement akademis di Himpunan mahasiswa….. Saat itu saya berhasil menyelenggarakan berbagai macam program kerja seperti : …. , …. Dan juga …. Menurut saya selain saya bisa menyelesaikan program studi saya sampai lulus kuliah, ini juga termasuk pencapaian besar saya selama ini. Karena di organisasi ini saya banyak belajar mengenai leadership dan juga tanggung jawab dalam mengelola organisasi dan kepercayaan juga.”

Selain itu, pastikan untuk menjawab dengan jujur dan transparan. Jangan ragu untuk menyebutkan pencapaian yang sederhana namun signifikan, seperti menyelesaikan proyek kerja dibawah tekanan atau mengatasi rintangan dalam karir. Ini akan menunjukkan kepada pewawancara bahwa kamu adalah kandidat yang memiliki motivasi yang tinggi dan komitmen untuk sukses.

Contoh Prestasi Kerja Di Perusahaan:

  • Mencapai atau melebihi target penjualan: Memperlihatkan kemampuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan mencapai tujuan bisnis.
  • Mengurangi biaya: Menunjukkan keterampilan dalam pengelolaan keuangan dan penghematan biaya untuk perusahaan.
  • Peningkatan efisiensi: Menunjukkan keterampilan dalam meningkatkan proses kerja dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Peningkatan kualitas produk atau layanan: Menunjukkan keterampilan dalam meningkatkan kualitas produk atau layanan perusahaan, yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Memperkenalkan produk baru atau layanan: Menunjukkan kemampuan untuk mengejar peluang bisnis baru dan mengembangkan inovasi untuk perusahaan.
  • Memperluas pasar: Menunjukkan keterampilan dalam mencari peluang bisnis baru dan memperluas pasar perusahaan.
  • Peningkatan kinerja tim: Menunjukkan kemampuan dalam memimpin dan mengelola tim, yang akan meningkatkan kinerja perusahaan.
  • Penghargaan atau sertifikasi: Menunjukkan prestasi perusahaan dalam bidang tertentu dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Baca Juga >>> 50 Contoh Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips mengenai contoh jawaban pencapaian terbesar dalam hidup untuk fresh graduate atau yang sudah memiliki pengalaman kerja. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan posisi yang kamu lamar juga.

Utarakan dengan jujur mengenai apa yang pernah kamu kerjakan. Jangan takut untuk bercerita, karena terkadang lebih mudah untuk menceritakan pengalaman daripada harus menjelaskan sesuatu.

Terima kasih sudah membaca artikel kami diatas. Semoga bisa bermanfaat dan semoga kamu lancar untuk proses rekrutmentnya ya. Sukses selalu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *