close

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja

Contoh surat izin orang tua untuk bekerja yang bisa kamu jadikan contoh pembuatannya. Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan untuk mendapatkan surat izin bekerja dari orang tua sebelum melamar kerja.

Biasanya ini berlaku untuk perusahaan yang menerima pekerja untuk freelance atau magang. Dan memang karena untuk lulusan SMA harus disertakan surat keterangan dari orang tua juga. Apalagi jika umur dari anak tersebut masih dibawah 18 tahun.

Nah berikut ini contoh surat keterangan izin dari orang tua untuk bekerja yang bisa kamu jadikan contoh pembuatannya.

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan dalam membuat surat izin dari orang tua untuk anak yang akan bekerja:

  • Pastikan surat izin ditulis tangan dan ditandatangani oleh orang tua yang bersangkutan. Surat izin yang ditulis dengan tangan lebih meyakinkan dan dapat dijadikan bukti legal. (Kecuali jika diperbolehkan diprint oleh perusahaan terkait).
  • Isi surat izin dengan informasi yang benar dan jelas. Tuliskan nama anak, posisi yang dilamar, tanggal mulai dan selesai kerja, serta data diri orang tua yang memberikan izin.
  • Sertakan tanda tangan pada surat izin. Tanda tangan merupakan tanda legalitas dari surat izin yang diterbitkan.
  • Jangan lupa untuk memberikan dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi KTP/ SIM/ Paspor, Akte Kelahiran, Ijazah Terakhir, Keterangan Sehat, dll.
  • Sertakan juga fotokopi transkrip nilai atau Sertifikat Kompetensi jika diperlukan.
  • Format surat izin dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang dituju.
  • Jika mungkin, tanyakan kepada perusahaan atau HRD sebelum mengirimkan surat izin dan pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah diterima oleh perusahaan.
  • Pastikan bahwa semua dokumen yang diterima oleh perusahaan asli, dalam kebanyakan kasus dokumen yang asli yang diperlukan sebagai bahan verifikasi untuk administrasi kerja
  • Jangan lupa untuk menuliskan surat izin tanggal berlakunya, jika diperlukan perpanjangan, harus ditulis dengan surat baru.
  • Surat izin jangan terlalu panjang, tapi isi surat harus jelas dan jangan lupa menyertakan alamat perusahaan yang dituju dan alamat orang tua.

Menulis surat izin yang baik dan benar merupakan hal yang penting, karena akan digunakan sebagai dokumen resmi dalam proses verifikasi data diri anak dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Berikut ini adalah contoh surat keterangan izin dari orang tua untuk anak yang akan bekerja:

Kepada Yth,

Perusahaan XYZ

Jl. ABC No. 123 Kota Yogyakarta,

Dari :

 

Nama Orang Tua : Tn/Ny. JKL

Alamat : MNO No. 456

Tanggal : 01 Januari 2021

 

Dengan ini, saya Tn/Ny. JKL selaku orang tua dari anak saya, Nama Anak (NIM/NIS), bersedia memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di Perusahaan XYZ sebagai karyawan. Anak saya sudah cukup umur dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Saya berharap anak saya dapat memberikan yang terbaik dalam bekerja di Perusahaan XYZ dan berharap Perusahaan dapat memberikan kesempatan yang sama kepada anak saya untuk berkembang dan belajar di lingkungan kerja yang baik.

Demikian surat izin ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Tn/Ny. JKL

 

(Tanda tangan)

 

Contoh Lainnya

Kepada,

Pihak PT. XYZ

Jl. ABC No. 123

Kota DEF, Negara GHI

 

Dengan hormat,

 

Saya Tn/Ny. MNO, selaku orang tua dari (Nama Anak), dengan ini memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di PT. XYZ sebagai (posisi yang dilamar) mulai dari tanggal (tanggal mulai kerja) sampai dengan (tanggal selesai kerja/ tidak ditentukan).

Anak saya sudah cukup umur dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar, dan saya yakin anak saya dapat memberikan yang terbaik dalam bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Demikian surat izin ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Tn/Ny. MNO

(Tanda Tangan)

 

Contoh Lainnya

Kepada,

Pihak PT. ABC

Jl. DEF No. 123

Kota GHI, Negara JKL

 

Dengan hormat,

 

Saya Tn/Ny. MNO, selaku orang tua dari (Nama Anak), dengan ini memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di PT. ABC sebagai (posisi yang dilamar).

Anak saya sudah cukup umur dan memiliki pendidikan serta kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar, sehingga kami yakin anak kami dapat memberikan yang terbaik dalam bekerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpin.

 

Sebagai orang tua, kami berharap PT. ABC dapat memberikan kesempatan yang sama kepada anak kami untuk belajar dan berkembang di lingkungan kerja yang baik. Kami juga berharap anak kami dapat mengabdi dengan baik dan selalu memperhatikan etika kerja yang benar.

 

Demikian surat izin ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Tn/Ny. MNO

(Tanda Tangan)

 

Contoh Lainnya

Kepada,

Pihak PT. LMN

Jl. OPQ No. 123

Kota RST, Negara UVW

 

Dengan hormat,

 

Saya Tn/Ny. XYZ selaku orang tua dari (Nama Anak), dengan ini memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di PT. LMN sebagai (posisi yang dilamar). Anak saya sudah cukup umur dan memiliki pendidikan dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Kami percaya bahwa anak kami dapat memberikan yang terbaik dan berkontribusi positif dalam bekerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpin.

 

Sebagai orang tua, kami berharap PT. LMN dapat memberikan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang bagi anak kami di lingkungan kerja yang baik. Kami juga berharap anak kami dapat memperhatikan etika kerja yang benar dan selalu mengabdi dengan baik kepada perusahaan.

 

Demikian surat izin ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Tn/Ny. XYZ

(Tanda Tangan)

Baca Juga >>> Cara Membalas Email Interview Bahasa Inggris Beserta Contohnya <<<

Note :

  • Surat izin ini harus ditulis tangan dan ditandatangani oleh orang tua yang bersangkutan.
  • Isi dari surat izin ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, seperti informasi yang ingin disampaikan, data diri yang ingin dicantumkan, dll.
  • Surat ini harus diberikan asli, dalam kebanyakan kasus sebagai bahan verifikasi untuk administrasi kerja.

Penutup

Pada dasarnya, Surat izin dari orang tua ini bertujuan untuk memberikan dukungan dari orang tua dalam karir kerja anaknya. Surat ini juga digunakan sebagai dokumen untuk verifikasi data diri dan kondisi anak yang cukup umur untuk bekerja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *