close

Sebutkan & Jelaskan Permasalahan Yang Muncul Dalam Keberagaman Ekonomi Serta Contoh

jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi

Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi beserta dengan contohnya. Keberagaman ekonomi yang ada dimasyarakat tentunya akan memiliki dampak yang besar juga. Apalagi ketika adanya selisih yang besar untuk keanekaragaman ekonomi yang memberi dampak kesenjangan sosial.

Dengan kemajuan peradaban masyarakat saat ini dibidang ekonomi, tentunya juga akan memberikan dampak yang besar. Modernisasi dan globalisasi dengan pertumbuhan internet dan digitalisasi saat ini juga turut menyumbang keberagaman ekonomi yang ada.

Seperti kasus yang pernah terjadi dimasyarakat sebelumnya, ada banyak masyarakat yang menuduh seseorang melakukan praktek pesugihan dan lainnya. Namun setelah dikonfirmasi ternyata orang yang tertuduh tersebut ternyata bekerja secara online. Ini juga termasuk sebagai salah satu masalah yang muncul dalam keberagaman ekonomi.

Nah, kali ini tipskerja akan membahas mengenai akibat dari keberagaman ekonomi dan mencoba berikan contoh permasalahan yang mungkin muncul dalam keberagaman ekonomi di masyarakat indonesia khususnya. Simak ulasannya berikut ini.

Mengenai Keberagaman Ekonomi

Yang pertama harus kamu ketahui adalah mengenai keberagaman ekonomi terlebih dahulu. Secara arti menurut kata, keberagaman ekonomi adalah suatu kondisi perbedaan ekonomi atau penghasilan yang ada dimasyarakat yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pekerjaan, profesi dan juga jabatannya.

Ada yang menyebutkan keberagaman ekonomi ini dikarenakan hanya dari latar belakang pendidikan saja. Namun nyatanya banyak pebisnis yang ada dilingkungan kita yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi.

Keberagaman ekonomi ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan barang, produk dan juga tingkat konsumtif dari masyarakat juga. Seperti kebutuhan produk fashion, kendaraan, tempat tinggal, properti dan lainnya.

Keberagaman ekonomi ini juga menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh pemerintah. Karena jika terlalu jauh jaraknya maka akan banyak sekali dampak yang muncul di masyarakat.

Diharapkan pemerintah bisa membantu masyarakat yang memiliki pendapatan ekonomi yang sesuai dengan harga kebutuhannya juga.

Melalui program lowongan kerja yang dibantu oleh dinas terkait, dan juga bantuan sosial juga menjadi salah satu misi yang diterapkan oleh pemerintah.

Nah, bagaimana jika kesenjangan ekonomi terlalu berjarak? Apa saja permasalahan yang muncul? Berikut ini penjelasan mengenai jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi di indonesia yang bisa saja terjadi.

Jelaskan Permasalahan Yang Muncul Dalam Keberagaman Ekonomi Beserta Contohnya

Nah berikut ini adalah beberapa permasalahan yang mungkin akan terjadi jika keberagaman ekonomi semakin terasa dalam lingkungan masyarakat indonesia khususnya :

1. Terjadinya Kesenjangan Sosial Dalam Masyarakat

Tentunya ada kesenjangan sosial yang hadir dalam kehidupan masyarakat. Kesenjangan antara kelas ekonomi atas dengan ekonomi bawah akan terlihat begitu jelas.

Apalagi jika kesenjangan ini tidak dibarengi dengan harmonisasi antara masyarakat yang bebeda kelas ini. Pandangan si kaya yang merasa unggul, dan pandangan si miskin yang iri hati menjadi penyebab pertama dalam keberagaman ekonomi.

2. Lapangan Pekerjaan Yang Kian Menurun

Salah satu solusinya adalah dengan menambah lapangan pekerjaan disegala bidang. Namun karena keberagaman ekonomi yang membuat seseorang dengan pendidikan yang tinggi saja yang bisa bekerja maka akan menekan seseorang yang memiliki pendidikan rendah.

Kita tahu sendiri untuk bisa bersekolah sampai ke tingkat tinggi membutuhkan banyak dana yang terkadang banyak golongan bawah yang tidak bisa mencapai untuk ke jenjang yang lebih baik.

Hasilnya hanya orang yang berpendidikan bagus saja yang bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang semakin menurun ini. Bagaimana dengan yang tidak berpendidikan?

3. Munculnya Persaingan Tidak Sehat

Dari dampak yang disebabkan di nomor 2 diatas, menyebabkan persaingan tidak sehat dilingkungan perkantoran atau bahkan sampai ke bidang industri, UMKM dan bisnis.

Misalnya ada lowongan pekerjaan yang dikhususkan hanya untuk lulusan luarnegeri saja yang bisa mendaftar dan lolos. Ini menyebabkan orang yang berpendidikan hanya lulusan dalam negeri merasa tersaingi dan tidak bisa bersaing.

Selanjutnya dalam bidang bisnis juga seperti itu. Untuk golongan atas, akan memiliki keuntungan yang lebih besar pula. Misalnya dana marketing yang lebih besar dibandingkan golongan bawah yang ingin mencoba berbisnis dengan modal yang pas pasan.

4. Yang Kaya Semakin Kaya, Yang Miskin Akan Tetap Dalam Kondisi Tersebut

Sudah banyak pemikiran yang seperti ini. Dimana yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan tetap seperti itu kondisinya. Karena saat ini peran ekonomi sangat berpengaruh sekali dalam meningkatkan taraf ekonomi kita.

Misalnya untuk menjalankan suatu bisnis, dibutuhkan modal yang besar. Dan untuk bisa mendapatkan modal tersebut salah satunya adalah dari pinjaman bank. Syarat pinjaman dana di bank hanya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa jaminan seperti properti atau barang bergerak.

Untuk si kaya akan sangat mudah sekali untuk mendapatkan pinjaman dana usaha yang besar dengan menjaminkan properti atau barang bergeraknya. Sedangkan si miskin tidak bisa meminjam dana untuk usaha yang besar kepada bank karena tidak ada jaminan yang bisa digunakan.

5. Pembangunan Dan Fasilitas Umum Yang Tidak Merata

Faktor pertumbuhan ekonomi yang berbeda beda ditiap daerah juga akan terkena dampak untuk masalah pembangunan dan fasilitas umum. Misalnya di daerah pusat kota pembangunan dan fasilitas akan dibangun dengan mewah dan megah dibanding dengan pembangunan di daerah yang tidak cukup merata.

6. Sumber Daya Manusia Yang Tidak Merata

Selanjutnya adalah mengenai masalah pengetahuan SDM yang tidak merata untuk bidang teknologi. Karena tidak semua masyarakat yang didalam rumahnya memiliki koneksi internet untuk mendapatkan informasi dan pendidikan.

Imbasnya adalah dengan minimnya sumber informasi yang didapatkan, maka update pengetahuan yang dimiliki juga berbeda beda. Ini akan membuat adanya masyarakat yang masih gaptek dengan teknologi terbaru yang ada.

7. Tingkat Pengangguran Yang Meningkat

Karena lowongan pekerjaan yang semakin berkurang, maka akan menambah tingkat pengangguran juga. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang tidak bisa bersaing untuk mendapatkan posisi dalam lowongan pekerjaan.

Lowongan kerja yang memiliki kualifikasi yang beragam juga menjadi penyebab makin banyaknya pengangguran. Hal ini tidak sebanding dengan tingkat keilmuan yang didapatkan oleh masyarakat kelas bawah.

8. Kemiskinan Yang Akan Bertambah

Akibat dari susahnya lowongan pekerjaan yang didapatkan dan juga tingkat pengangguran yang meningkat akan membuat tingkat kemiskinan yang bertambah pula. Ini akan menjadi tinggi ketika tidak ada bantuan pemerintah dalam memeratakan kondisi pendidikan yang mudah, murah dan bisa dinikmati oleh banyak golongan.

9. Penambahan Hutang Negara

Agar bisa membantu memeratakan tingkat ekonomi masyarakat, pemerintah juga harus banyak memberikan bantuan seperti misalnya subsidi ekonomi dan lainnya. Jika bantuan ini berlanjut terus menerus, tidak memungkinkan juga akan adanya penambahan hutang negara ke luar negeri untuk membantu.

10. Inflansi

Karena ketidakmampuan negara dalam menyelesaikan hutangnya, bisa berdampak ke masalah inflansi juga. Hal ini akan membuat selisihnya antara pendapatan negara dengan belanja pada tahun yang sama. Dan akibatnya adalah kenaikan harga barang dan jasa dalam jangka waktu tertentu.

BBM naik dan kebutuhan pokok yang mahal akan menjadi masalah selanjutnya.

11. Tingkat Kriminal Yang Kian Meningkat

Permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi yang terakhir adalah tingkat kriminal yang akan meningkat. Hal ini karena masyarakat ekonomi bawah yang tidak bisa bersaing dan adanya kesenjangan sosial memunculkan tingkat kriminal yang tinggi.

Penipuan, pencurian, korupsi, dan lainnya akan merajalela karena dampak keberagaman ekonomi yang kian melonjak.

Baca Juga >>> Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu Untuk Pemula <<<

Penutup

Itu tadi beberapa contoh dan masalah mengenai jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi serta dampak yang muncul dalam masyarakat. Jika kamu ada ide lain atau pertanyaan lainnya bisa tulis dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.