close

Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh Graduate Serta Contohnya

Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh Graduate

Cara menjawab pertanyaan gaji untuk fresh graduate ketika ditanya mengenai negosiasi gaji. Ini juga salah satu pertanyaan yang gampang gampang susah alias cukup tricky. Karena jika kamu tidak tahu caranya bisa bisa gagal ke tahapan selanjutnya.

Intinya adalah kamu harus riset gaji diperusahaan tersebut. Atau paling tidak kamu tahu untuk sekelas posisi yang kamu lamar itu gajinya berapa. Tentu saja hal ini juga mempertimbangkan lokasi kerjanya. Tidak mungkin sama antara gaji di jakarta dengan di jogja untuk posisi yang sama.

Nah, daripada bingung berikut ini tipskerja sudah merangkum bagaimana yang harus kamu katakan ketika negosiasi gaji untuk yang tidak memiliki pengalaman kerja alias fresh graduate. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh Graduate

Pertanyaan tentang gaji biasanya menjadi salah satu pertanyaan yang paling ditunggu-tunggu dalam proses interview. Terutama bagi fresh graduate yang baru pertama kali mencari pekerjaan, pertanyaan ini bisa sangat menantang.

Namun, ada beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan baik dan tepat. Kita bahas mengenai ulasannya dan juga contoh yang bisa kamu jadikan acuan untuk menjawabnya.

1. Bersikap jujur dan terbuka

Jangan takut untuk menjawab dengan jujur tentang apa yang Kamu harapkan sebagai gaji pertama Kamu. Kamu bisa menyebutkan range gaji yang realistis sesuai dengan pasar kerja dan latar belakang pendidikan Kamu.

2. Sesuaikan dengan kualifikasi dan pengalaman

Jika Kamu memiliki kualifikasi dan pengalaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan fresh graduate pada umumnya, maka Kamu dapat mempertimbangkan untuk menawarkan gaji yang lebih tinggi pula. Namun, jika Kamu masih tergolong sebagai fresh graduate dengan latar belakang pendidikan yang stkamur, maka sebaiknya Kamu tidak terlalu mengangkat harapan gaji yang tinggi.

3. Tanyakan pada perusahaan

Jika Kamu merasa bingung tentang range gaji yang tepat untuk Kamu, Kamu bisa bertanya langsung kepada perusahaan terkait tentang gaji yang biasa diberikan untuk posisi yang Kamu lamar. Hal ini akan membantu Kamu untuk lebih memahami apa yang diharapkan oleh perusahaan dan membantu Kamu untuk menentukan apakah Kamu akan menerima tawaran tersebut atau tidak.

Contoh jawaban:

“Terima kasih atas pertanyaannya. Sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman saya, saya mengharapkan gaji yang masuk dalam range (range gaji yang realistis). Namun, saya juga sangat terbuka untuk mempertimbangkan tawaran gaji yang diberikan oleh perusahaan.”

Ingat, jawaban terbaik tergantung pada situasi dan kondisi masing-masing individu. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum menjawab pertanyaan tentang gaji.

Selain bersikap jujur dan terbuka, sesuaikan dengan kualifikasi dan pengalaman, dan tanyakan pada perusahaan, ada beberapa hal lain yang dapat Kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan tentang gaji dengan baik dan tepat.

4. Fokus pada nilai yang dapat Kamu tawarkan

Pertanyaan tentang gaji bukan hanya tentang seberapa banyak uang yang Kamu harapkan, tetapi juga tentang apa yang dapat Kamu tawarkan kepada perusahaan. Jadi, sebaiknya fokus pada nilai yang dapat Kamu tambahkan kepada perusahaan, seperti kemampuan, pengalaman, dan keterampilan yang Kamu miliki.

Contoh jawaban:

“Saya menghargai peluang ini untuk bergabung dengan perusahaan ini dan menambahkan nilai dengan kemampuan dan pengalaman saya. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada perusahaan ini. Mengenai gaji, saya akan mengikuti range yang telah ditentukan oleh perusahaan sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman saya.”

5. Jangan terlalu terfokus pada gaji

Meskipun gaji merupakan faktor penting dalam mencari pekerjaan, jangan terlalu terfokus pada gaji saja. Pertimbangkan faktor-faktor lain seperti kesempatan untuk belajar dan berkembang, lingkungan kerja, dan kesempatan kerja yang tersedia di perusahaan tersebut.

Contoh jawaban:

“Saya sangat tertarik dengan peluang untuk bergabung dengan tim bapak/ibu dan membangun karier di perusahaan ini. Selain gaji, saya juga tertarik dengan kesempatan untuk belajar dan berkembang, serta lingkungan kerja yang menyenangkan yang ditawarkan oleh perusahaan. Apakah perusahaan dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang gaji dan benefit lain yang ditawarkan?”

Selain menjawab pertanyaan tentang gaji dengan cara yang tepat, ada beberapa hal lain yang dapat Kamu lakukan untuk mempersiapkan diri Kamu dalam proses interview, terutama jika Kamu masih berstatus sebagai fresh graduate.

6. Persiapkan diri dengan baik

Pastikan untuk mempersiapkan diri Kamu dengan baik sebelum melakukan interview. Ini termasuk mempelajari tentang perusahaan yang akan Kamu lamar, menyiapkan CV dan surat lamaran yang baik, serta mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh pewawancara.

Ada baiknya kamu riset terlebih dahulu mengenai informasi gaji dari perusahaan yang kamu lamar. Jika tidak menemukannya, kamu bisa cari gaji untuk posisi yang kamu lamar untuk di perusahaan lain yang satu daerah denganmu.

7. Bersikap percaya diri

Walaupun Kamu masih fresh graduate, jangan ragu untuk menunjukkan percaya diri Kamu dalam proses interview. Tunjukkan bahwa Kamu yakin dengan kemampuan dan pengalaman yang Kamu miliki, serta bahwa Kamu siap untuk belajar dan berkembang di perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban :

“Terima kasih untuk kesempatannya, jika ditanya mengenai gaji yang diinginkan. Saya sudah melakukan riset terlebih dahulu di internet mengenai gaji karyawan di perusahaan ini. Meskipun tidak tahu mengenai kevalidan dari data tersebut. Namun menurut saya untuk gaji yang sesuai di range angka ….. sampai dengan …. Sesuai kualifikasi saya sebagai fresh graduate.”

8. Tanyakan pertanyaan kepada pewawancara

Jangan hanya menunggu pertanyaan dari pewawancara, tetapi juga siapkan beberapa pertanyaan yang ingin Kamu tanyakan kepada pewawancara. Ini bisa menunjukkan bahwa Kamu memiliki minat yang kuat terhadap perusahaan dan posisi yang Kamu lamar.

Baca Juga >>> 20 Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Saat Interview Bagi Pelamar <<<

Penutup

Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan bersikap percaya diri, Kamu akan memberikan kesan yang baik kepada pewawancara dan memperbesar kemungkinan untuk diterima bekerja di perusahaan yang Kamu lamar.

Itu tadi beberapa tips mengenai cara menjawab pertanyaan gaji untuk fresh graduate  beserta contoh jawaban yang bisa kamu jadikan acuan juga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba semoga bisa diterima di perusahaan yang kamu inginkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *