close

20 Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Saat Interview Bagi Pelamar

pertanyaan yang harus ditanyakan saat interview

Pertanyaan yang harus ditanyakan saat interview kerja bagi pelamar. Pada saat wawancara kerja, diakhir sesi kamu akan diberikan kesempatan untuk menanyakan beberapa pertanyaan terkait posisi atau perusahaan.

Dan menurut kamu, pada sesi pertanyaan ini adalah salah satu poin penting bagi interviewer untuk menguji seberapa dalam pelamar kerja dalam mengetahui detail posisi dan perusahaan. Jadi ada baiknya untuk kamu mempersiapkannya terlebih dahulu.

Nah, berikut ini tipskerja akan membahas mengenai hal yang perlu ditanyakan saat interview kerja bagi pelamar. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pertanyaan Yang Harus Ditanyakan Saat Interview

Sebagai pelamar kerja, ada beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan saat melakukan interview untuk membantu Kamu memahami lebih baik tentang perusahaan, posisi yang Kamu lamar, dan apakah posisi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karier Kamu.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Kamu tanyakan saat interview:

  1. Apa yang menjadi misi dan visi perusahaan? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu gambaran tentang apa yang diharapkan perusahaan dan apa yang dijadikan sebagai prioritas utama perusahaan.
  2. Bagaimana struktur organisasi perusahaan? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu gambaran tentang bagaimana perusahaan terorganisir dan siapa saja yang akan menjadi atasan Kamu jika Kamu terpilih untuk mengisi posisi tersebut.
  3. Apa yang diharapkan dari pekerjaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang tanggung jawab dan tugas yang akan Kamu emban jika terpilih untuk mengisi posisi tersebut.
  4. Apa yang menjadi kultur kerja perusahaan? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu gambaran tentang bagaimana perusahaan mengelola dan menghargai karyawannya, serta bagaimana iklim kerja di perusahaan tersebut.
  5. Bagaimana kemajuan karier di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang kesempatan kemajuan karier di perusahaan dan apakah perusahaan menyediakan pelatihan dan pengembangan untuk karyawannya.
  6. Apa yang menjadi tantangan utama dalam pekerjaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang tantangan yang akan dihadapi dalam pekerjaan tersebut, sehingga Kamu dapat mempersiapkan diri untuk menghadapinya.
  7. Apa yang menjadi harapan perusahaan terhadap kandidat yang terpilih untuk mengisi posisi ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang apa yang diharapkan perusahaan dari kandidat yang terpilih, sehingga Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut.
  8. Bagaimana proses pengambilan keputusan di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu gambaran tentang bagaimana perusahaan mengambil keputusan dan bagaimana Kamu dapat terlibat dalam proses tersebut.
  9. Apa yang menjadi tujuan perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang apa yang menjadi prioritas perusahaan dan bagaimana perusahaan berencana untuk mencapainya.
  10. Bagaimana sistem reward dan punishment di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang bagaimana perusahaan menghargai karyawannya yang berprestasi dan bagaimana perusahaan menangani karyawan yang tidak memenuhi harapan.
  11. Apakah ada kebijakan fleksibilitas waktu atau kerja jarak jauh di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang kebijakan perusahaan terkait dengan fleksibilitas waktu kerja dan apakah perusahaan menyediakan opsi kerja jarak jauh.
  12. Apakah ada peluang untuk terus belajar dan mengembangkan diri di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang peluang pengembangan diri di perusahaan dan apakah perusahaan menyediakan pelatihan atau program pengembangan karyawan.
  13. Bagaimana perusahaan menangani masalah yang muncul dalam pekerjaan? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang bagaimana perusahaan menangani masalah yang muncul dalam pekerjaan dan bagaimana Kamu akan terlibat dalam proses tersebut.
  14. Apakah ada kebijakan kesejahteraan karyawan di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang kebijakan kesejahteraan karyawan di perusahaan, seperti kebijakan cuti, asuransi kesehatan, dan lainnya.
  15. Bagaimana perusahaan mengelola work-life balance para karyawannya? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang bagaimana perusahaan mengelola work-life balance para karyawannya dan apakah perusahaan memahami pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
  16. Bagaimana perusahaan mengelola komunikasi antar karyawan? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang bagaimana perusahaan mengelola komunikasi antar karyawan dan apakah perusahaan memfasilitasi komunikasi yang efektif antar karyawan.
  17. Apakah ada kebijakan diversity and inclusion di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang bagaimana perusahaan menghargai dan mendorong keberagaman dan inklusi di dalam perusahaan.
  18. Apakah ada kebijakan terkait dengan keamanan kerja di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang kebijakan keamanan kerja di perusahaan dan bagaimana perusahaan menjamin keamanan para karyawannya.
  19. Bagaimana perusahaan mengelola konflik antar karyawan? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang bagaimana perusahaan mengelola konflik antar karyawan dan apakah perusahaan memiliki mekanisme yang efektif untuk menyelesaikan konflik tersebut.
  20. Apakah ada kebijakan terkait dengan kebugaran dan kesehatan karyawan di perusahaan ini? Pertanyaan ini dapat memberikan Kamu informasi tentang kebijakan kesehatan dan kebugaran karyawan di perusahaan.

Baca juga >>> 7 Jawaban Tujuan Bekerja Saat Interview <<<
>>> Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh Graduate Serta Contohnya <<<

Penutup

Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, Kamu dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang perusahaan dan posisi yang Kamu lamar.

Selain itu, pertanyaan tersebut juga dapat membantu Kamu menentukan apakah posisi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karier Kamu. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum melakukan interview agar Kamu dapat memperoleh hasil yang maksimal dari proses interview tersebut.

Itu tadi beberapa contoh daftar pertanyaan yang harus ditanyakan saat interview pagi pelamar kerja. Kamu bisa mengembangkannya kembali dengan beberapa acuan yang telah kami berikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga sukses ya. Terima kasih.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *